Selasa, 16 Juli 2024
 
Register   Login



Save Page
2 Tawarikh 16:1-6
2 Tawarikh 16:7-14

2 Tawarikh 16:7-14
16:7 Pada waktu itu datanglah Hanani, pelihat itu, kepada Asa, raja Yehuda, katanya kepadanya: "Karena engkau bersandar kepada raja Aram dan tidak bersandar kepada TUHAN Allahmu, oleh karena itu terluputlah tentara raja Aram dari tanganmu. 16:8 Bukankah tentara orang Etiopia dan Libia besar jumlahnya, kereta dan orang berkudanya sangat banyak? Namun TUHAN telah menyerahkan mereka ke dalam tanganmu, karena engkau bersandar kepada-Nya. 16:9 Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia. Dalam hal ini engkau telah berlaku bodoh, oleh sebab itu mulai sekarang ini engkau akan mengalami peperangan." 16:10 Maka sakit hatilah Asa karena perkataan pelihat itu, sehingga ia memasukkannya ke dalam penjara, sebab memang ia sangat marah terhadap dia karena perkara itu. Pada waktu itu Asa menganiaya juga beberapa orang dari rakyat. 16:11 Sesungguhnya riwayat Asa dari awal sampai akhir tertulis dalam kitab raja-raja Yehuda dan Israel. 16:12 Pada tahun ketiga puluh sembilan pemerintahannya Asa menderita sakit pada kakinya yang kemudian menjadi semakin parah. Namun dalam kesakitannya itu ia tidak mencari pertolongan TUHAN, tetapi pertolongan tabib-tabib. 16:13 Kemudian Asa mendapat perhentian bersama-sama nenek moyangnya. Ia mati pada tahun keempat puluh satu pemerintahannya, 16:14 dan dikuburkan di kuburan yang telah digali baginya di kota Daud. Mereka membaringkannya di atas petiduran yang penuh dengan rempah-rempah dan segala macam rempah-rempah campuran yang dicampur menurut cara pencampur rempah-rempah, lalu menyalakan api yang sangat besar untuk menghormatinya.

Penjelasan:



* 2Taw 16:7 - Hanani pelihat itu // Oleh karena itu terluputlah tentara raja Aram
Hanani pelihat itu. Ayah Yehu, pelihat untuk putra Asa, Yosafat (19:2; 20:34). Oleh karena itu terluputlah tentara raja Aram. Sebab mereka selaku sekutu Baesa (ay. 3), seharusnya bergabung dengan Israel ketika menyerbu Yehuda, dan Allah pastilah telah menyerahkan seluruh pasukan tersebut ke tangan Asa.

* 2Taw 16:8 - Orang Etiopia dan Libia
Orang Etiopia dan Libia. Lihat tafsiran 14:9, 11; bandingkan tafsiran 12:3.

* 2Taw 16:9 - Karena mata Tuhan menjelajah seluruh bumi // Mereka yang bersungguh hati // Oleh sebab itu mulai sekarang ini engkau akan mengalami peperangan
Karena mata Tuhan menjelajah seluruh bumi. Tidak akan ada masalah umat Allah yang tidak diketahui oleh Allah, atau yang darinya Allah tidak akan menolong (bdg. Rm. 8:32). Mereka yang bersungguh hati. Ibrani, shalem, "menyeluruh." Allah melindungi orang-orang yang berserah dengan segenap hati kepada Dia. Oleh sebab itu mulai sekarang ini engkau akan mengalami peperangan (bdg. I Raj. 15:32). Serangan orang Aram yang sudah dimulai oleh Asa tersebut kemudian membuat Yehuda berlutut (II Raj. 12:17, 18).

* 2Taw 16:10 - Asa ... memasukkannya ke dalam // penjara // Asa menganiaya juga beberapa orang dari rakyat

Asa ... memasukkannya ke dalam, penjara. Secara harfiah, kandang ternak. Untuk pertama kalinya penganiayaan seorang nabi dicatat, namun kemudian banyak hal semacam ini dicatat (bdg. I Raj. 22:27; Mrk. 6:17, 18). Asa menganiaya juga beberapa orang dari rakyat. Dosa yang satu membawa kepada dosa berikutnya.

* 2Taw 16:11 - Kitab raja-raja Yehuda dan Israel
Kitab raja-raja Yehuda dan Israel. Bukan Kitab Raja-Raja yang kita miliki, tetapi semacam catatan yang menjadi arsip istana dan kini sudah tidak ada lagi (lih. Pendahuluan, Kepenulisan).

* 2Taw 16:12 - Pada tahun ketiga puluh sembilan pemerintahannya, // ia tidak mencari pertolongan Tuhan, tetapi pertolongan tabib-tabib

Pada tahun ketiga puluh sembilan pemerintahannya, yaitu tahun 871* sM, ia tidak mencari pertolongan Tuhan, tetapi pertolongan tabib-tabib. Ilmu pengobatan merupakan karunia Allah, namun Pencipta obat itulah yang memberikan kesembuhan (II Raj. 20:7; bdg. ay. 2, 3).

* 2Taw 16:14 - Dikuburkan di kuburan yang telah digali baginya // Api yang sangat besar

Dikuburkan di kuburan yang telah digali baginya. Ini menjelaskan pernyataan umum di I Raja-Raja 15:24 bahwa "ia dikuburkan di samping nenek moyangnya di kota Daud." Api yang sangat besar dari pembakaran rempah-rempah (bukan pembakaran mayat) yang dilaksanakan untuk menghormatinya (bdg. Yer. 34:5).

* Komitmen setengah hati.

Kembali Yehuda menghadapi ancaman dari Israel di bawah pimpinan raja Baesa (ayat 1). Strategi pertama Baesa adalah memblokade Yehuda dengan memperkuat Rama yang terletak sekitar 15 km sebelah utara Yerusalem. Tujuannya mungkin ingin mencegah perdagangan dan perjalanan umat yang ingin berziarah ke Yerusalem. Karena bukan termasuk teritorial Yehuda, Asa merasa tidak mampu untuk membuyarkan blokade tersebut. Sayang bahwa hikmat dan kekuatan yang didapatnya dari komitmen iman kepada Allah tidak lagi terlihat. Asa mencari bantuan Benhadad dari Aram dengan memberi imbalan emas dan perak (ayat 3). Yang lebih parah adalah ia tidak lagi berpegang pada janji setia Allah dan lebih mengandalkan ikatan perjanjian antarmanusia yang pernah dibuat antar orang-tua mereka sebelumnya.Memang hasil seperti yang diharapkan terjadi. Baesa menghentikan proyeknya, bahkan kini beberapa kota Isr ael d itaklukkan oleh pasukan Aram (ayat 4-6). Mendapat yang baik namun kehilangan yang terbaik, itulah akibat dari orang yang lebih mengandalkan manusia daripada Allah (ayat 7). Teguran pahit ini disampaikan oleh Hanani kepada Asa. Teguran lain menelanjangi akar dosa Asa, yaitu tindakannya mengandalkan Aram adalah ungkapan ketiadaan iman kepada Tuhan Allah yang bukan saja berkuasa membela umat-Nya, tetapi juga memiliki rencana yang lebih besar, yaitu menyerahkan Aram ke bawah kedaulatan Yehuda. Karena takut dan setia kepada Allah, sumber segala hikmat, maka sebaliknya ketiadaan iman setia dan takut kepada Allah adalah kebodohan. Ini sebenarnya tak dapat ditolerir sebab sebelumnya Asa mengalami sendiri bahwa Tuhan menyanggupinya mematahkan kekuatan Etiopia dengan sejuta pasukan perkasanya (ayat 14:9-15). Reaksi Asa terhadap nubuat tersebut menelanjangi keberpalingan hatinya membelakangi Allah. Ia tidak bertobat, tetapi memenjarakan Hanani. Juga ketika sakit, ia lebih mencari pertol ongan dukun-dukun daripada Allah (ayat 11-13).

Renungkan: Tuhan Allah menginginkan iman sejati, yaitu yang terungkap dalam bentuk komitmen untuk setia dan taat terus menerus kepada-Nya dan firman-Nya, seperti halnya kasih setia-Nya tak pernah berubah.


SBU


MINGGU IV PRAPASKAH
Senin, 21 Maret 2022
Renungan Pagi
KJ 410:1 -Berdoa
ANDALKAN TUHAN

2 Tawarikh 16:1-6
(ay 2)

KJ 410:2
Doa:



MINGGU IV PRAPASKAH
Senin, 21 Maret 2022
Renungan Malam
GB 254:1 -Berdoa
HIDUP INI ADALAH KESEMPATAN

2 Tawarikh 16:7-14
(ay 9)

GB 254:3
Doa:





NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 22 Maret 2022 - JADILAH TELADAN - 2 Tawarikh 17:7-9 - MINGGU IV PRAPASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 20 Maret 2022 - HIDUP SETIA PADANYA - 2 Tawarikh 15:13-19 (SGD) - MINGGU IV PRAPASKAH







Kalender Liturgi Katolik Juli 2024 dan Saran Nyanyian

Bacaan Alkitab Urut Peristiwa

NEXT:
Khotbah Ibadah GPIB Selasa, 22 Maret 2022 - JADILAH TELADAN - 2 Tawarikh 17:7-9 - MINGGU IV PRAPASKAH

PREV:
Khotbah Ibadah GPIB Minggu, 20 Maret 2022 - HIDUP SETIA PADANYA - 2 Tawarikh 15:13-19 (SGD) - MINGGU IV PRAPASKAH

Arsip Khotbah Ibadah GPIB 2022..




TOP Christian Song