Minggu, 07 Juli 2024
 
Register   Login          kuliah murah di bekasi



Save Page
* Amsal Salomo (10:1-22:16)
Kalau Daud memakai sarana puisi, maka Salomo memakai sarana sastra Hikmat, yang cara mengajarnya sebagian besar dengan menggunakan kontras. Pada bagian pokok yang pertama (I), kontrasnya ditegaskan di seluruh nas-nas panjang - misalnya, perempuan jahat ditampilkan berlawanan dengan hikmat. Dalam Bagian II, kontrasnya dinyatakan dalam unit-unit satu ayat pendek. Sebagian besar dari ayat-ayat pada bagian ini memakai kata "tetapi" di tengah-tengahnya.

Paparannya menjadi lebih sulit karena masing-masing amsal berdiri sendiri. Tidak ada konteks langsung yang memandu kita. Beberapa penafsir menyimpulkan bahwa amsal-amsal tersebut tidak mengikuti perencanaan (struktur), sebaliknya merupakan koleksi campuran (Greenstone). Toy menyebut amsal-amsal itu "aforisme lepas." Delitzsch menyatakan adanya pengelompokan berdasarkan gagasan, bukan berdasarkan rencana komprehensif, melainkan berdasarkan "penyingkapan progresif' yang "terus-menerus mengalir." Ada kesatuan dalam bagian ini, bukan kesatuan bahasa atau kesatuan pokok pembicaraan, melainkan kesatuan penyusunan. Sebuah amsal diberitahukan, kemudian diulang di tempat-tempat lain dengan tambahan variasi-variasi pada maknanya. Hal pertama mungkin memberikan kontras antara bagian a dengan b; yang kedua a dengan c. Bahkan mungkin ada yang ketiga, yang membandingkan a dengan d. Dengan menggabungkan tiga hal itu, kita mendapatkan satu definisi lebih lengkap dari gagasan yang dinyatakan pada bagian a. Kita pasti merasa lebih mudah jika gagasan-gagasan ini dikelompok-kelompokkan. Orang-orang pada zaman kuno jelas menganggap lebih menarik jika gagasan-gagasan ini dipisahkan dan agak disembunyikan. Juga, sebagaimana telah kita lihat, ada kesatuan yang jelas berdasarkan kosakata moral yang dipakai. Karena itu, ada banyak amsal mengenai orang benar, orang bijaksana, orang jujur sebagai lawan dari orang kejam, orang bebal, orang murtad. Telaah yang memadai tentang sebuah ayat mungkin memerlukan telaah konkordansi atas seluruh kitab ini - tetapi lebih baik, bukan sekadar telaah konkordansi secara mekanis tetapi benar-benar merenungkan dengan mendalam keseluruhan pandangan sang penulis. Sebab melalui pengulangan, kontras, kosakata khusus, dan pertimbangan yang berbeda-beda terhadap tema itu, Allah melalui. penulis ini mengajar kita bahwa kebenaran memuliakan seseorang, tetapi dosa selalu mendatangkan celaan. Sekali lagi, kita harus menandaskan bahwa kitab ini bukanlah Poor Richard's Almanac, yang berisi peribahasa-peribahasa umum yang singkat dan tajam mengenai masalah hidup; ini adalah kumpulan amsal ilahi yang menunjukkan jalan kekudusan.

* Hikmat yang sejati memampukan orang untuk memiliki jalan yang benar (25). Hikmat Allah bagai sumber air hidup, yang dapat melahirkan sukacita dalam hidup orang yang memilikinya.

Hikmat juga tampak melalui perkataan.

Kata-kata yang bersifat menyerang atau memfitnah orang lain (27-28), tentu tidak akan diucapkan oleh orang yang memiliki hikmat.

Orang yang berhikmat tentu akan tahu juga kapan waktu untuk berbicara dan kapan waktu untuk berdiam diri.

Karena ada saat yang membuat diam justru merupakan kejahatan (30). Misalnya ketika orang harus menegur kesalahan, tetapi malah diam. Atau ketika seseorang harus menjadi saksi, tetapi ia malah diam. Akibatnya, orang lain bisa terkena hukuman atas kesalahan yang tidak pernah dia buat.

Tentu kita tidak ingin menjadi orang bebal, maka pilihlah hikmat dan hiduplah berdasarkan hikmat Tuhan itu! Dengan demikian kehidupan Anda akan digerakkan oleh hikmat yang menghasilkan damai sejahtera itu.

Label:   Amsal 16:25 




NEXT:
Iri hati merupakan sifat asli Iblis. Hukuman bagi yang melakukan sifat Iri Hati (Galatia 5:19-21)

PREV:
Penjelasan Ayat Firman 1 Raja-raja 7:13-51 DEDIKASIKAN KARYA ANDA UNTUK KEMULIAAN TUHAN SAJA





Hikmat yang sejati memampukan orang untuk memiliki jalan yang benar Amsal 16:25

Tafsir Amsal 1:5-10



Kalender Liturgi Katolik Juli 2024 dan Saran Nyanyian

Bacaan Alkitab Urut Peristiwa

NEXT:
Iri hati merupakan sifat asli Iblis. Hukuman bagi yang melakukan sifat Iri Hati (Galatia 5:19-21)

PREV:
Penjelasan Ayat Firman 1 Raja-raja 7:13-51 DEDIKASIKAN KARYA ANDA UNTUK KEMULIAAN TUHAN SAJA

Arsip Penjelasan Ayat Firman..




TOP Christian Song

PEMBACAAN ALKITAB GPIB BULAN JULI 2024

PEMBACAAN ALKITAB GPIB BULAN JUNI 2024




ADV (Himnario Adventista), AG (Aradhana Geethamulu), ELI1 (ELI ABOLOJO (Christian Songs, Igala)), ELI2 (ELI KEKE (Short Songs, Igala)), English Hymns, HC (Держись Христа), PKS (Pwuhken Koul Sarawi), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi), SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), SR, SR3300 (Song of Revival 3300)*, SS (ДУХовни Песни), YJ (Юность-Иисусу), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), CFC SONGS *, Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs